Jenis Jenis Sablon Kaos

Jenis Jenis Sablon

Untuk memilih jenis sablon kaos yang bagus dibutuhkan pengetahuan mendalam mengenai berbagai macam karakteristik tinta cat. Selain itu pemilihan bahan kain sebagai media sablon juga harus tepat agar hasilnya maksimal dan awet.

Mengapa sangat penting untuk memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis sablon? Karena setiap tinta cat memiliki karakteristik yang berbeda-beda bila ditempelkan pada bahan kain, sehingga akan menentukan kualitas dari hasil sablon.

Selain itu pemilihan warna tinta cat sablon juga harus sesuai dengan warna bahan kain agar hasilnya bisa maksimal. Hal ini disebabkan karena warna tinta sablon memiliki hasil warna dan efek yang khas apabila ditempelkan pada kain.

Sablon pada kaos berfungsi untuk menerapkan motif desain agar terlihat lebih menarik dengan berbagai tujuan tertentu. Memiliki pengetahuan tentang macam-macam sablon sangat berguna bila kita ingin membuat kaos, baik untuk dipakai sendiri ataupun untuk usaha seperti membuat distro atau clothing misalnya.

Oleh karena itu mari kita simak jenis-jenis sablon yang sering digunakan untuk pakaian terutama pada kaos dengan berbagai macam sifat dan karakteristiknya.

Jenis Jenis Sablon dan Karakteristiknya

Jenis Sablon Manual
Sablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kain, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (film sablon) ataupun menggunakan mesin seperti DTG (Direct To Garment). Berdasarkan tekniknya sablon secara umum terbagi menjadi sablon manual dan sablon digital. Mari kita simak berbagai macam jenis sablon yang sering digunakan.

SABLON RUBBERISH INK / GL

Rubberish adalah jenis cat sablon yang memiliki teksture seperti karet, bersifat elastis dan waterbase. Cocok untuk digunakan di semua warna kain dikarenakan memiliki sifat warna yang menutupi rajutan kain. Akan tetapi sablon ini kurang cocok bila digunakan untuk gambar raster dan separasi warna dikarenakan sifatnya yang tidak bisa menyatu antara warna yang satu dengan yang lainnya (tidak tersublimasi).

SABLON SUPERWHITE / WATERBASE INK

Waterbase ini sesuai dengan namanya adalah jenis cat sablon waterbase yang memiliki sifat menyerap ke permukaan kain. Cocok untuk gambar vektor maupun raster dan gambar dengan separasi warna. Warna cat ketika diaplikasikan dikain akan berwarna mencolok dan gelap. Hasilnya lebih tebal dari Sablon Flourscent Pigmen.

SABLON DISCHARGE

Discharge adalah jenis cat sablon dengan zat kimia yang dapat menipiskan / menghilangkan warna dasar kain dan merubahnya sesuai dengan warna yang diinginkan. Dapat digunakan pada kain berwarna. Dapat ditimpa dengan menggunakan cat SW apabila menginginkan cat SW di kain berwarna gelap dengan hasil warna sablon SW yang cerah.

SABLON PLASTISOL

Plastisol adalah jenis sablon berbahan dasar minyak (berbasis lilin / solvenbase). Merupakan jenis cat yang dapat mengeksplorasi ketebalan, tekstur dan karakteristik dari sablon. Sangat irit dan sering dipergunakan oleh clothing internasional. Cocok apabila digunakan di semua jenis gambar.

SABLON HIGH DENSITY

High Density adalah cat plastisol tebal seperti karet penghapus yang menggunakan penebal khusus lalu dilapisi oleh warna yang menggunakan cat Plastisol.

SABLON METALLIC SHIMMER

Metallic Shimmer adalah bibit warna metalik untuk cat Rubber dan Plastisol.

SABLON FOIL

Yaitu jenis sablon dengan lembaran alumunium foil khusus (kertas berbahan logam) yang dapat menempel pada kain garmen sesuai dengan gambar yang diinginkan.

SABLON GLOW IN THE DARK

Adalah jenis sablon yang sesuai dengan namanya dapat menyala di tempat gelap. Sablon dengan proses menambahkan bubuk fosfor terlebih dahulu. Bisa menggunakan Rubber, Pigmen atau Plastisol.

SABLON FOAM / PUFFPRINT

Merupakan jenis cat sablon timbul yang menyerupai permukaan busa. Akan mengembang setelah proses pemanasan menggunakan mesin hot press.

SABLON FLOCKING / SUEDE

Adalah sablon yang hasilnya timbul berupa lembaran khusus yang menyerupai kulit suede yang dapat disablon pada kain garmen sesuai dengan gambar yang diinginkan.

SABLON PIGMEN

Jenis cat sablon ini tidak terlalu elastis dan cenderung kaku, serta ketika luntur akan menyisakan bekas pada pakaian. Sablon ini meskipun sudah jarang dipakai, tetapi sangat cocok untuk dipadukan dengan kain berwarna cerah atau terang.

SABLON GLITTER

Sablon glitter adalah sablon yang dapat menimbulkan efek glitter pada warna yang ditimbulkan, serta merupakan salah satu macam sablon terbaik yang awet dan tahan lama.

SABLON KAVIAR

Sablon Kaviar (Caviar) ini akan dapat memberikan efek timbul seperti bercak-bercak atau seperti butiran-butiran tidak beraturan pada pemukaannya, yang apabila dikombinasikan dengan desain yang tepat akan menghasilkan kaos yang terlihat mewah dan keren saat dikenakan.

SABLON CHROMICOLOR

Sabon ini akan dapat memberikan efek warna cerah yang saat diusap akan terlihat menghilang namun beberapa saat kemudian warnanya akan kembali seperti semula, sehingga menjadikan sablon jenis ini sebagai salah satu sablon terbaik dan juga awet yang ada di pasaran.

SABLON PHOTOPIA

Sablon jenis ini menerapkan konsep serupa dengan Glow in The Dark, tetapi yang membedakan adalah warnanya yang dapat berubah-ubah pada tingkat cahaya yang berbeda-beda layaknya bunglon dan tentunya harganya sangatlah mahal serta langka tersedia di Indonesia.

SABLON REFLEKTIF

Mirip dengan sablon glow in the dark dan Photopia, sablon jenis reflektif merupakan sablon yang dapat memberikan efek berkilau atau menyala, justru pada saat terkena cahaya, baik yang datang dari sinar matahari maupun lampu, dan termasuk ke dalam salah satu jenis sablon terbaik yang awet serta tahan lama.

SABLON ASPAL (ASPHALT)

Sablon ini, sesuai namanya, memiliki tekstur dan warna yang serupa dengan aspal jalanan, serta dapat memberikan efek timbul pada saat digunakan dan juga cukup tahan lama. Meskipun begitu, pilihan warnanya yang terbatas pada 1 warna saja menjadikan sablon ini minim peminat.

SABLON PLASTICHARGE

Sablon yang menggunakan bahan dasar minyak campuran antara Plastisol dan Discharge ini mampu menghasilkan kualitas gambar atau desain yang tajam warnanya. Sablon ini bisa digunakan pada berbagai warna kain serta terbilang awet dan juga tahan lama.

SABLON THERMOFLEX

Sablon yang menggunakan material cutting dan thermo transfer paper ini mampu menghasilkan warna yang terang dan lebih solid dibandingkan beberapa jenis tinta lainnya, serta dapat dibentuk menjadi timbul sesuai keinginan.

SABLON POLYFLEX

Polyflex menggunakan material sejenis sticker vinyl dan memiliki hasil warna yang cerah dan detail serta awet dan juga tahan lama, namun sayangnya tidak dapat mencetak warna gradasi dan juga tidak bisa disetrika secara langsung.

JENIS SABLON DTG

Jenis Sablon DTG
Sablon DTG sering disebut juga dengan metode Print DTG karena proses sablonnya menggunakan printer seperti melakukan print pada kertas. Karena menggunakan printer, tidak ada batasan warna untuk sablon yang akan dibuat, tidak seperti pada metode sablon manual. Akan tetapi memiliki kekurangan yaitu memiliki area terbatas berukuran 42×21 cm dan hanya bisa digunakan pada kain berwarna terang saja.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis sablon kaos semoga bisa menambah pengetahuan bagi yang ingin mendalami berbagai macam sablon kaos. Bila anda membutuhkan jasa konveksi kaos silahkan untuk mengunjungi halaman Konveksi Kaos.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply