Ukuran Sablon Kaos

Ukuran Sablon Kaos

Ukuran sablon kaos menjadi parameter bila ingin membuat kaos dengan gambar di depan ataupun belakang. Hal ini bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya desain sablon yang akan diterapkan di kaos. Apalagi bila kita ingin memesan kaos sablon dengan desain sendiri, tentunya kita harus menentukan berapa ukuran sablon yang cocok dengan desain yang kita buat agar terlihat pas di kaos.

Agar terlihat menarik biasanya ukuran sablon harus menyesuaikan dengan size kaos. Oleh karena itu perlu diperhatikan apa gambar desain yang dibuat, lalu coba diaplikasikan ke dalam bentuk sketsa / mockup kaos, kira-kira berapa ukuran yang cocok untuk gambar desain tersebut agar terlihat menarik bila diaplikasikan di kaos.

Setelah menentukan besaran gambar desain sablon yang akan digunakan, maka kita perlu untuk mengukur lebar dan panjang terluar dari gambar tersebut. Hal ini diperlukan agar kita bisa mengetahui ukuran sablon kaos yang akan digunakan, mana yang paling mendekati standar ukuran sablon untuk kaos di konveksi. Oleh karena itu sangat diperlukan untuk mengetahui ukuran standar sablon di konveksi kaos.

Standar Ukuran Sablon Kaos di Konveksi

Berikut ini adalah standar panduan untuk memilih ukuran sablon di konveksi kaos yang sering digunakan di dunia persablonan terutama pada kaos:

Ukuran Sablon A2

Sablon ini menggunakan ukuran 42 cm X 59,4 cm. Ukuran A2 ini merupakan size paling besar dalam dunia persablonan. Ukuran ini sangat tepat untuk dipilih bila kita ingin mencetak full gambar pada kaos.

Ukuran Sablon A3

Ukuran Sablon Kaos A3
Sablon ini menggunakan ukuran 29,7 cm x 42 cm. Ukuran A3 ini cocok untuk digunakan pada desain sablon berukuran sedang (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil), sehingga ukuran ini termasuk ke dalam salah satu pilihan ukuran yang paling sering digunakan pada sablon kaos.

Ukuran Sablon A4

Ukuran Sablon Kaos A4
Sablon ini menggunakan ukuran 21 cm x 29,7 cm. Ukuran yang satu ini tidak terlalu besar dan sangat tepat dijadikan pilihan apabila penempatan desain sablon berada di bagian depan kaos. Ukuran ini pun menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan pada sablon kaos.
Ukuran Sablon A4

Ukuran Sablon A5

Ukuran Sablon Kaos A5
Sablon ini menggunakan ukuran 21 cm x 14,8 cm. Ukuran sablon ini relatif kecil, sehingga biasanya diletakan pada bagian depan kaos di tengah, kanan atau kiri dada, kanan atau kiri bawah dan juga bagian belakang kaos pada punggung atas.

Ukuran Sablon A6

Ukuran Sablon Kaos A6
Sablon ini menggunakan ukuran 14,8 cm x 10,5 cm. Ukurannya terbilang kecil dan biasanya digunakan untuk gambar yang simpel serta penempatannya lebih fleksibel karena mengingat ukurannya yang cenderung kecil.

Ukuran Sablon A7

Ukuran Sablon Kaos A7
Sablon ini menggunakan ukuran 7,4 cm x 10,5 cm. Karena ukurannya yang kecil biasanya ukuran ini sering dipergunakan untuk sablon logo dan juga penempatannya sangat fleksibel bisa dimanapun mengikuti desain kaos yang akan dibuat.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kaos Sablon

Selain menentukan ukuran sablon, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membuat kaos. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum memproduksi kaos sablon.

Harga Sablon

Tidak dipungkiri bahwa ukuran sablon sangat mempengaruhi penambahan harga pembuatan kaos. Semakin besar ukuran gambar desain sablon, maka harga sablon pun semakin mahal, hal ini dikarenakan banyaknya cat tinta sablon yang digunakan sehingga cost of production kaos juga akan bertambah.

Resolusi Gambar

Semakin besar ukuran sablon yang akan digunakan, maka resolusi gambar/desain pun harus menggunakan resolusi yang tinggi agar gambar desain tidak pecah sehingga terlihat detailnya yang akan berpengaruh terhadap kualitas hasil sablon itu sendiri.

Jenis Sablon

Pemilihan jenis tinta cat sablon sangat penting agar desain gambar untuk sablon yang akan diterapkan pada kaos sesuai dengan yang kita inginkan. Ada beberapa pilihan yang bisa anda baca di jenis tinta cat sablon.

Sampel Kaos

Di beberapa konveksi tersedia fasilitas untuk membuat sampel kaos sebelum memproduksi dalam jumlah banyak (masal), tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan dari konveksi itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil sablon dari desain gambar yang dibuat apakah sudah sesuai sehingga bisa melakukan revisi sebelum diproduksi secara masal.

Demikianlah artikel mengenai ukuran sablon pada kaos. Untuk informasi seputar kaos lainnya bisa juga membaca jenis bahan kaos. Bila Anda ingin membuat kaos sablon silahkan untuk mengunjungi Kami di halaman Konveksi Kaos.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply